3 Hal Pertimbangan Utama Saat Memilih Asuransi Kesehatan Keluarga

 Berita Hangat

Pertimbangan Dalam Memilih Asuransi Kesehatan Keluarga

Perusahaan Asuransi kini banyak melakukan inovasi untuk produk perusahaannya. Tak jarang saat ada pegawai asuransi mendatangi seorang keluarga mereka menanyakan adakah asuransi yang untuk keluarga minimal Bapak Ibu dan Anak, untuk anak bisa 1 atau 2 orang setelah itu menambah sendiri biasanya sesuai program pemerintah.

Asuransi kesehatan keluarga biasanya menanggung seluruh anggota keluarga yang sudah dimasukkan dalam premi itu. Besarnya biaya yang ditanggung pihak asuransi berbeda antara asuransi yang satu dengan perusahaan asuransi yang lain nya, begitu juga premi yang harus dikeluarkan setiap bulan nya. Selain itu cara melakukan klaim asuransi juga berbeda, dan terkadang malah timbul terkesan berbelit-belit dalam proses pencairannya. Sebelum menentukan asuransi mana yang cocok dan sesuai dengan latar belakang keluarga dan semua prosesnya ada baiknya kita membandingkan nya dengan beberapa Tips pemilihan Asuransi Kesehatan Keluarga.

  • Jumlah tanggungan Asuransi Keluarga

Beberapa Perusahaan asuransi hanya menanggu 3 anggota keluarga, artinya perlindungan biaya perawatan hanya diberikan kepada suami, istri dan satu orang anak. Tetapi ada juga beberapa perusahaan yang menanggung sampai dengan 5 orang anggota keluarga.

Jika memiliki satu orang anak sebaiknya pilih Asuransi kesehatan keluarga yang hanya menanggung 3 orang dan tentunya jumlah preminya lebih sedikit dari pada asuransi kesehatan yang menanggung sampai dengan 5 orang anggota keluarga. Namun keluarga kita lebih dari 3 orang sebaiknya menggunakan perusahaan asuransi yang menanggung lebih dari 3 orang tenunya dengan premi yang lebih tinggi.

  • Jumlah Premi Asuransi Kesehatan Keluarga

Jumlah premi asuransi kesehatan yang harus dibayar setiap bulan menjadi salah satu faktor untuk pemilihan. Ada beberapa perusahaan menerapkan biaya premi kecil dengan manfaat tinggi, begitu juga sebaliknya. Jadi sebagai calon pengguna asuransi harus bisa membandingkan.

  • Kemudahan saat klaim Asuransi Kesehatan

Minta informasi selengkapnya dari perusahaan asuransi tentang langkah dan proses yang harus dilakukan saat kita akan melakukan klaim asuransi jika ada anggota keluarga yang membutuhkan perawatan kesehatan. Jangan sampai saat kita sudah manjadi pengguna asuransi tersebut saat ingin melakukan klaim malah ditolak karena ada alasan lain. Jadi sebagai calon pengguna asuransi harus benar-benar teliti saat memilih asuransi jangan sampai malah kita yang direpotkan karena tidak meminta informasi secara lengkap.

Kesimpulan Tips Memilih Asuransi Kesehatan Keluarga

  1. Pastikan jumlah tanggungan anggota keluarga yang ditanggung polis.
  2. Tanya dan bandingkan jumlah premi yang harus dibayar setiap bulannya
  3. Ketahui kisaran tanggungan biaya yang diterima jika kita sakit/kecelakaan
  4. Ketahui dan tanyakan dengan pasti proses klaim asuransi jika saat kita membutuhkan, termasuk persyaratan, sistem atau kemudahan dalam melakukan klaim asuransinya.
  5. Pastikan perusahaan asuransi kesehatan untuk keluarga yang dipilih bekerja sama dengan banyak rumah sakit dan tertentu saja yang menerima pergantian biaya klaim asuransi kesehatan yang dimiliki.

Author: 

tulis, tulis, dan tulis ......