5 Manfaat Kangkung Yang Masih Belum Banyak Diketahui

 Kesehatan

kangkung

Ipomoea aquatica Forsk adalah nama lain dari kangkung, kangkung sendiri adalah jenis sayuran hijau yang banyak dijual dipasaran dan harganyapun relatif murah. Kangkung banyak tumbuh dikawasan Asia terutama wilayah yang banyak air. Biasanya sesudah kita mengkonsumsi kangkung maka hal yang dapat dirasakan yaitu rasa kantuk. Selain itu kangkung juga memiliki banyak khasiat, diantaranya adalah:

  1. Mengurangi Kolesterol Darah

Kangkung sebagai sumber yang sangat penting untuk mengurangi kolesterol dalam tubuh anda. Penelitian yang dilakukan dengan subjek tikus telah membuktikan bahwa kangkung efektif untuk menurunkan kadar kolesterol serta triglycoside dalam darah.

  1. Untuk Kesehatan Jantung

Kangkung memiliki nutrisi penting dan kandungan yang cukup tinggi vitamin A dan C serta beta-karoten. Nutrisi ini dapat membantu mengurangi radikal bebas di tubuh (sebagai antioksidan) sehingga dapat membantu mencegah kolesterol yang teroksidasi. Kolesterol yang teroksidasi pada dinding pembuluh darah, menyebabkan arteri tersumbat, serangan jantung atau stroke. Selain itu, folat yang terkandung dalam kangkung dapat membantu untuk mengkonversi bahan kimia yang berpotensi berbahaya yang disebut homosistein, yang pada tingkat tinggi dapat menyebabkan serangan jantung atau stroke. Magnesium merupakan mineral yang menurunkan tekanan darah dan memberikan perlindungan terhadap penyakit jantung.

  1. Meningkatkan Dayatahan Tubuh

Sayuran hijau adalah salah satu sumber sayuran yang dapat menjaga sistem imun dan meningkatkan tingkat kekebalan tubuh manusia. Dengan mengkonsumsi sayuran hijau maka anda dapat meningkatkan sistem imun dalam tubuh anda sehingga tidak mudah sakit.

  1. Meningkatkan Kualitas Otak

Manfaat kangkung dengan kandungan vitamin B kompleks dan omega 3 membantu kinerja otak lebih baik. Sehingga sayur kangkung sangat baik dihidangkan pada anak-anak yang dalam masa pertumbuhan, karena mampu meningkatkan kecerdasan otak.

  1. Menjaga Kesehatan Mata

Mungkin anda tidak menyangka bahwa sayuran kangkung terdapat kandungan vitamin A, karotenoid, dan lutein. Ketiga kandungan vitamin dan mineral ini dapat membantu menjaga kesehatan mata. Selain itu zat ini dapat membantu mencegah penyakit pada mata seperti katarak.

Itulah lima manfaat daun kangkung yang selama ini belum banyak diketahui, semoga informasi ini bermanfaat untuk anda.

Author: 

tulis, tulis, dan tulis ......