7 Cara Agar Terhindar Dari Masalah Gigi Berlubang

 Kesehatan

Listerin Obat Kumur

Gigi merupakan alat pencernaan pada manusia secara mekanik, tanpa gigi manusia akan sulit memakan makanan yang akan dimakan. Gigi merupakan hal penting bagi manusia, oleh sebab itu gigi perlu di jaga kebersihannya supaya gigi tetap awet walaupun nantinya kita sudah menua tau lanjut usia. Tetapi kadang ada saja masalah yang umum terjadi pada banyak orang, yaitu masalah gigi berlubang yang pangkal dari semua masalah gigi.

Gigi yang berlubang tersebut jika tidak segera di atasi maka akan menimbulkan sakit gigi yang berawal dari gusi yang membengkak. Jika sudah sakit gigi semua pun terasa tidak enak, apalagi pada saat kita mau makan. Oleh karena itu, sebelum bertambah parah sebaiknya segera mengatasi gigi berlubang tersebut, karena gigi berlubang merupakan tempat yang paling nyaman bagi kuman berkembang biak.

Sebelum mengalami masalah gigi berlubang, ada baiknya kita melakukan pencegahan terlebih dahulu. Berikut adalah beberapa cara mencegah gigi berlubang yang bisa anda terapkan dikehidupan sehari-hari.

  1. Mengkonsumsi makanan yang sehat

Mengkonsumsi makanan yang sehat itu sangat penting untuk  menjaga kesehatan dan kekuatan gigi. Supaya gigi kita kuat tentunya membutuhkan nutrisi seperti kalsium,yang baik untuk gigi kita. Contoh makanan yang banyak mengandung kalsium dan tentunya baik untuk kesehatan gigi, seperti apel, wortel, seledri, brokoli, jeruk, jamur shitake, dan banyak lagi yang lainnya.

  1. Menghindari makanan yang lengket

Mengkonsumsi makanan yang lengket atau mudah menempel pada gigi seperti permen karamel, yang bisa menyebabkan gigi cepat berlubang. Karena terkadang makanan yang menempel pada gigi seringkali tidak terjangkau ketika kita menggosok gigi.

  1. Menggosok gigi dan berkumur sehabis makan

Menggosok gigi merupakan hal yang pelu sekali dilakukan setelah makan dan berkumur, supaya memastikan bahwa tidak ada makan yang tersisa atau menempel pada gigi serta membersihkan gigi dari kuman yang tidak diinginkan. Gunakan obat kumur khusus ketika anda selesai makan atau menggosok gigi. Penggunaan obat kumur sendiri dapat memperkuat gigi, mencegah timbulnya plak dan karang gigi, serta mampu melawan kuman penyebab bau mulut dan gigi berlubang. Pemakaian obat kumur merupakan cara mencegah gigi berlubang yang sangat efektif, karena didalamnya terdapat kandungan timol, eukaliptol, mentol, dan metil salisilat yang sangat baik untuk kesehatan gigi dan gusi anda.

  1. Menggosok gigi dua kali sehari

Jagan malas menggosok gigi minimal dua kali sehari, ketika bangun tidur pada pagi hari serta sebelum tidur pada malam hari. Ada baiknya dilakukan apabila setelah kita makan, seperti poin yang disebutkan diatas.

  1. Guanakan benang gigi untuk mengeluarkan sisa makanan

Sisa makanan yang tertinggal haruslah dikeluarkan, caranya dengan menggunakan benang gigi, bukan dengan tusuk gigi. Penggunaan tusuk gigi dapat membuat celah diantara gigi semakin besar dan bisa menyebabkan luka pada gusi.

  1. Pilih pasta gigi yang mengandung fluorida

Menggosok gigi tentunya memakai pasta gigi yang baik adalah yang abnyak mengandung fluorida. Zat ini merupakan salah satu bahan pembentuk email gigi sehingga tidak terjadi pembusukan pada gigi.

  1. Memerikasa gigi secara rutin

Kunjungi dokter gigi setiap enam bulan sekali, walaupun kita tidak sakit gigi. Hal ini dilakukan agar dokter bisa mendeteksi kemungkinan adanya lubang kecil yang terjadi pada gigi kita, sehingga dapat segera ditangani agar tidak membesar nantinya ataupun bertambah parah.

Itulah 7 cara yang dapat anda lakukan agar anda terhindar dari yang namanya gigi berlubang. semoga artikel ini memberikan manfaat bagi anda semua. terimakasih.

Author: 

tulis, tulis, dan tulis ......