Apa Itu Kolesterol Tinggi?

 Kesehatan

apa_itu_kolesterol_tinggi

Tahukah Anda, apa yang dimaksud dengan kolesterol? Sepertinya hingga saat ini kata kolesterol ini dianggap sebagai salah satu momok dan wajib dihindari. Kolesterol merupakan senyawa kompleks yang telah dihasilkan oleh tubuh dalam hati, lalu sisanya dari luar tubuh, seperti halnya yang ada pada zat makanan yang berguna sekali bagi tubuh. Selain hal itu, kolesterol ini sendiri terbagi menjadi 2 macam, yakni LDL (kolesterol jahat) dan HDL (kolesterol baik).

Kolesterol jahat ini adalah salah satu penyebab utama terjadinya aterosklerosis, yakni sebuah pengapuran dan juga pengerasan dinding pembulu darah. Pengerasan yang terjadi pada pembuluh darah, khusus pembuluh darah koroner akan jadi sempit dan menghalangi aliran darah yang tengah mengalir di dalamnya. Hal yang demikin ini akan berakibat meningkatkan resiko seseorang untuk terkena penyakit jantung koroner.

Fungsi dari kolesterol ini sendiri adalah untuk membangun dinding sel dan juga membuat hormon. Kolesertol juga menjadi satu-satunya komponen terpenting untuk membuat asam empedu, vitamin D, dan juga hormon steroid. Kolesterol normal adalah kurang dari 200 mg/dl untuk kolesterol total, kurang dari 100 mg/dl untuk kolesterol jahat, dan kadar lebih dari 50 mg/dl untuk kadar baik. Satu-satunya cara untuk mendeteksi kadar kolesterol dalam tubuh yang efektif adalah dengan cara melakukan cek darah di laboratorium klinik.

Makanan pemicu kolesterol tinggi yang harus diketahui

Salah satu pemicu timbulnya kolesterol tinggi ini adalah asupan makanan yang banyak sekali terdapat kandungan lemak jenuh, pola hidup yang tak sehat, dan seimbang, gaya hidup yang salah, serta kebiasaan buruk sehari-hari. Faktor yang memiliki peranan penting adalah faktor tidak bisa dikontrol seperti keturunan, usia, dan bakat. Sementara itu, faktor yang bisa dikontrol diantaranya, obesitas atau kelebihan berat badan, stress, penyakit diabetes mellitus, diet yang tidak sehat, kurang berolahraga, gaya hidup seperti merokok atau minum kopi, banyaknya mengkonsumsi beberapa makanan yang tinggi lemak atau lemak jenuh, seperti biskuit, mentega, dan juga fastfood, akan menjadikan kolesterol di dalam tubuh tinggi.

Makanan yang harus dihindari kolesterol tinggi

Jika usia Anda sudah berada di atas 50 tahun harus memiliki serta menjaga pola makan yang tak sehat. Penderita kolesterol tinggi ini harus menghindari lemak jenuh, atau pun lemak yang ada pada daging merah. Penderita ada baiknya menghindari makanan seperti daging kambing, ikan laut, seafood (kepiting, cumi, udang, siput, dan kerang), makanan yang bersantan, jeroan sapi serta kambing, keju, mentega, cokelat, susu sapi, kuning telur, dan juga telur burung puyuh. Kolesterol bisa saja naik jika penderitanya kurang di dalam melakukan aktifitas fisik, faktor usia, dan riwayat keluarga berkolesterol tinggi.

Itulah tadi sedikit ulasan tentang kolesterol tinggi yang bisa kami informasikan kepada Anda semuanya. Semoga saja bisa bermanfaat.

Author: 

tulis, tulis, dan tulis ......