Berbagai Kekurangan dan Kelebihan Smartphone Murah Android One

 Teknologi

Akhir-akhir ini banyak sekali produsen smartphone yang berlomba-lomba menciptakan smartphone murah. Trend ini hadir ketika Google sebagai pengembang android meluncurkan smartphone murah dengan nama Android One. Nah, apakah itu Android One? Berikut sedikit ulasannya.

Smartphone Murah Android One

Android One hadir sebagai sebuah standarisasi penggunaan sistem Android. Hal ini dimaksudkan bahwa pihak Google bermaksud untuk berbaik hati dengan menyelenggarakan program smartphone murah dengan kelayakan spesifikasi yang ditentukan menurut standar Google dengan harga tidak lebih dari  $100.

Program smartphone murah dari Google ini diharapakan agar semua orang di dunia dapat terhubung dengan internet melalui hp android mereka.  Mengingat masalah utama yang ada di negara-negara berkembang adalah minimnya penggunaan internet karena mahalnya biaya akses internet juga kepemilikan media atau perangkat yang digunakan untuk mengakses internet masih rendah, maka Google mengeluarkan program smartphone murah ini. Untuk mewujudkannya, Google menggandeng beberapa vendor smartphone lokal di setiap negara yang menjadi tujuan untuk memproduksi perangkat smartphone murah tetapi dengan spesifikasi yang layak. Sehingga dengan demikian diharapkan kepemilikan smartphone di negara-negara berkembang yang selama ini masih rendah dapat meningkat dan akan ada semakin banyak orang yang terhubung dengan internet.

 

Apa Perbedaan Smartphone Murah Android One Dengan Android Reguler Lainnya?

Perbedaan utama dari smartphone murah Android One dengan smartphone reguler lainnya terletak pada standarisasi hardware perangkat yang disesuaikan dengan software/OS Android. Selain itu juga adanya campur tangan pihak Google yang mengawasi secara langsung dalam penentuan spesifikasi teknis produk. Menurut Google, masalah utama yang sering terjadi pada smartphone murah konvensional adalah keterbatasan fitur yang disebabkan oleh perangkat lunak dan perangkat keras yang berjalan secara tidak sinkron atau tidak sinergis. Akibatnya adalah banyak fitur android yang tidak dapat dijalankan di smartphone murah. Selain itu juga sering terjadi kendala teknis seperti panas yang berlebihan, sistem berjalan lelet hingga terjadi crash atau hang.

Dengan hadirnya program smartphone murah Android One maka standarisasi untuk pemilihan spesifikasi teknis seperti prosesor, chipset, memori, display, storage, baterai, hingga pada piranti lunak diawasi secara langsung oleh pihak Google. Hal ini dimaksudkan agar sang vendor benar-benar memberikan spesifikasi yang layak dan tepat agar dapat mendukung sistem android sehingga dapat berjalan dengan maksimal. Sementara itu untuk smartphone murah konvensional, pemilihan hardware benar-benar disesuaikan dengan biaya produksi sehingga banyak mengesampingkan fitur.

Di Indonesia sendiri Google menggandeng Evercross, Nexian dan juga Mito sebagai vendor pembuat Android One. Seluruh spesifikasi yang dirilis ke tiga vendor tersebut benar-benar sesuai dengan standarisasi yang diterapkan Google seperti ukuran layar 4.5 inci, prosesor Quad Core 1.3 GHz, RAM 1 GB, memori internal 8 GB, dual SIM micro, baterai 1.700 mAh serta kamera primer 5 MP dan sekunder 2 MP dengan sistem operasi android Lollipop 5.1.

 

Kelebihan dan Kekurangan Smartphone Murah Android One

Sebetulnya walaupun Google mengklaim bahwa Android One yang mereka keluarkan adalah smartphone murah, akan tetapi fakta yang terjadi dilapangan, masih banyak smartphone murah konvensional yang memiliki spesifikasi yang setara atau bahkan lebih tinggi dengan harga yang lebih murah. Contohnya adalah smartphone murah konvensional besutan Polytron yang memiliki spesifikasi prosesor quad-core 1.2 GHz, RAM 1 GB, memori internal 8 GB serta dukungan 4G LTE yang dibanderol dengan harga Rp 1.099.000. Sedangkan harga Android One sekitar 1.4 juta rupiah. Atau jika dibandingkan dengan smartphone besutan vendor dari Cina seperti Xiaomi, dengan harga yang hampir setara, spesifikasi yang ditawarkan Xiaomi bahkan lebih tinggi.

Maka dari itu sebagai pertimbangan berikut beberapa kekurangan dan kelebihan dari smartphone murah Android One

  • Kelebihan Android One
  1. Spesifikasi teknis dirancang dan disesuaikan dengan mengoptimalkan piranti lunak android.
  2. Selalu mendapat pembaruan android secara otomatis hingga 2 tahun.
  3. Memiliki dukungan upgrade untuk versi android berikutnya.
  4. Harga jual tidak melebihi $100.
  5. Memiliki layanan youtube offline.
  • Kekurangan Android One
  1. Karena spesifikasi dan harga telah ditentukan oleh Google, maka vendor-vendor lain dapat membuat produk dengan spesifikasi yang hampir serupa atau bahkan lebih tinggi dengan harga yang lebih murah. Contohnya seperti Polytron dan Xiaomi yang telah dijelaskan tadi.
  2. Hingga saat ini jaringan yang mendukung untuk Android One masih terbatas pada HSDPA, sedangkan saat ini kebanyakan penyedia jasa layanan internet telah beralih pada konektivitas 4G LTE.

Daftar Smartphone Murah Selain Android One

Daftar harga smartphone berikut ini termasuk ke dalam smartphone murah yang non Android One. Daftar harga ini sengaja kami hadirkan sebagai bahan pertimbangan bagi anda untuk menentukan smartphone murah apa saja yang cocok dengan keinginan anda. Berikut daftarnya.

  • Polytron Zap 5

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, Polytron Zap 5 ini dibanderol dengan harga Rp 1.099.000. Spesifikasinya sangat mirip dengan Android One. Akan tetapi kelebihannya adalah smartphone murah buatan Polytron ini sudah membekali dirinya dengan 4G LTE.

  • Lenovo Vibe C

Lenovo yang merupakan saingan utama dari Huawei dan juga Xiaomi yang sama-sama pabrikan dari Cina membanderol produknya ini dengan harga 1.2 juta rupiah saja. Spesifikasinya lagi-lagi tidak kalah dengan Android One. Layar yang diusungnya berukuran 5.0 inci dengan memori internal 8 GB serta RAM 1 GB dan prosesor quad-core 1.1 GHz.

  • Huawei Y5 II

Huawei pun nampaknya tidak mau kalah dari Lenovo yang meluncurkan smartphone murah. Huawei meluncurkan Huawei Y5 II yang dibanderol 1.4 juta rupiah. Spesfikasinya mengusung layar 5.0 inci  berteknologi IPS dengan internal memori 8 GB, RAM 1GB serta prosesor quad core 1.3 GHz. Kelebihan smartphone satu ini terletak pada kapasitas kamera utamanya yang mencapai 8 MP.

  • Asus Zenfone Go ZB450KL

Smartphone murah selanjutnya adalah Asus Zenfone Go ZB450KL. Smartphone satu ini memiliki spesifikasi layar 4.5 inci dengan prosesor quad-core 1.2 GHz. Kapasitas RAM 1 GB berpadu dengan kapasitas memori internal 8 GB. Kelebihan smartphone murah satu ini terletak pada OS android v6.0 serta kamera utama 8 MP. Kelebihan lainnya adalah harganya yang berada di bawah Android One yaitu hanya 1.15 juta rupiah saja.

  • Xiaomi Redmi 3X

Terakhir adalah Xiaomi 3X yang dibanderol dengan harga 1.5 juta rupiah. Walaupun harganya tidak jauh berbeda dengan Android One, akan tetapi spesifikasinya jauh di atas Android One, bahkan lebih tinggi dari spesifikasi ke empat smartphone di atas tadi.

Layar Redmi 3X berukuran 5.0 inci dengan RAM sebesar 2 GB dan memori internal mencapai 32 GB. Smartphone murah ini juga telah menggunakan prosesor octa-core 1.4 GHz. Selain itu kamera utamanya pun sebesar 13 MP dan baterai berkapasitas 4100 mAh. Kelebihan lainnya adalah smartphone ini sudah dilengkapi fingerprint sebagai fitur keamanan.

Nah itulah berbagai ulasan mengenai smartphone murah yang sedang booming saat ini. Semoga bermanfaat.

Author: 

tulis, tulis, dan tulis ......