Cara Mudah Menjadi Developer Perumahan

 Bisinis

Developer perumahan adalah suatu usaha yang dijalankan orang atau perusahaan untuk mengembangkan atau membangun pemukiman pada lahan yang sudah disiapkan. Bisnis ini memang sangat menjanjikan, mengingat kebutuhan rumah yang saat ini kian meningkat. Jadi bisnis ini dipandang sebagai bisnis yang memiliki prospek yang cerah, selain itu untuk menjalankan bisnis ini juga tidak terlalu sulit karena anda bisa menggandeng berbagai pihak untuk melakukan kerjasama.

Menentukan Lahan
Jika anda ingin memulai menjadi seorang developer perumahan tentu yang pertama harus disiapkan adalah lahan untuk membangun atau mengembangkan perumahan. Dalam pemilihan lahan sangatlah penting, karena posisi lahan akan sangat mempengaruhi harga dari perumahan tersebut.
Kalkulasi Kelayakan

Setelah anda menemukan lahan yang ideal dan cocok untuk dikembangkan, langkah selanjutnya adalah mengkalkulasikan kelayakan lahan tersebut untuk dikembangkan. Adapun hal yang perlu anda perhatikan yaiutu kalkulasikan terlebih dahulu harga perolehan lahan tersebut dan apa rencana yang akan anda bangun pada lahan tersebut, apakah ruko atau perumahan.

Membuat Perencanaan

Banyak hal yang harus anda susun dalam segi perencanaan, salah dalam melakukan perencanaan maka kegagalan akan menanti anda. Dalam segi menyusun perencanaan untuk membangun perumahan sebaiknya anda menggandeng atau menggunakan jasa konsultan, agar perhitungannya bisa lebih akurat. Adapun rencana yang disusun seperti berapa luas tanah dan bangunan perumahan, lebar jalan, fasilitas umum penunjang, dan lain sebagainya.

Bekerjasama Dengan Investor

Keuntungan yang bisa anda dapatkan jika melakukan kerjasama dengan investor yaitu anda tidak perlu mengeluarkan modal yang banyak untuk membangun perumahan. Pola pembagian hasil bisa anda bicarakan pada investor tersebut. Dengan begitu anda tidak perlu takut akan kekurangan dana ketika memulai menjadi developer perumahan.

Mengurus Perijinan

Jika anda sudah mendapatkan investor untuk bekerjasama membangun perumahan, maka langkah selanjutnya yaitu mengurus perijinan untuk pembangunan pada lahan tersebut. Untuk hal ini agar lebih mudah sebaiknya anda menggunakan jasa notaris, karena mereka sudah bisa dibilang ahli pada bidang tersebut.

Proses Pemasaran

Pilihan menjadi developer perumahan adalah sebuah tantangan, tak terkecuali dalam segi pemasaran. Banyak hal yang harus dihadapi, diantaranya persaingan dengan developer yang lain. Untuk pemasaran sendiri anda perlu menggunakan strategi khusus agar para nasabah tertarik dengan perumahan anda. Strategi yang bisa anda terapkan bisa juga dengan menggunakan diskon uang muka, hadiah langsung, dan lain-lain. Untuk mempromosikan perumahan anda juga bisa menggunakan spanduk, umbul-umbul, website, koran, pameran, dan lain-lain.

Author: 

tulis, tulis, dan tulis ......