Fakta-Fakta Unik Tentang Nyamuk

 Berita Hangat, Kesehatan

fakta nyamuk

Dalam bahasa Inggris, nyamuk dikenal sebagai “Mosquito”, berasal dari sebuah kata dalam bahasa Spanyol atau bahasa Portugis yang berarti lalat kecil. Penggunaan kata Mosquito bermula sejak tahun 1583. Di Britania Raya nyamuk dikenal sebagai gnats(wikipedia). Umumnya nyamuk dikenal sebagai serangga penghisap darah, dan kebanyakan aktif pada malam hari. Namun ada fakta-fakta unik tentang serangga kecil ini, yaitu :

Nyamuk menyukai tubuh yang berkeringat.

Nyamuk bukan menyukai anda karena bau darah yang menggiurkan baginya, tetapi karena karbondioksida yang dikeluarkan tubuh. Semakin banyak karbondioksida yang anda keluarkan semakin menarik anda di mata nyamuk untuk menggigit anda. Nyamuk umumnyaa lebih banyak datang sesaat setelah berolahraga karena tubuh mengeluarkan banyak karbondioksida. ini pernah saya alami sendiri sewaktu habis berolahraga. Kebetulan waktu duduk untuk beristirahat sebentar, tiba-tiba berapa nyamuk datang mendekati saya.jadi, sebenarnya nyamuk itu mempunyai gangguan penglihatan. Untuk menemukan mangsanya dengan mencium aroma karbondioksida di tubuh kita dengan sensor infra merahnya. Nyamuk betina bisa segera mengethui mangsanya dari jarak 35 meter. Ketika nyamuk betina mencium adanya karbondioksida, ia akan langsung emluncur terbang secara zig-zag sehingga bulu-bulu halusnya dapat menemukan sumber karbondioksida tersebut. Setelah sumber itu didapat,isyarat lainnya pun turut mendominasi bahwa yang ditemukan itu benar-benar si mangsa, seperti bau tubuh, keringat, asam laktat, dll) dan juga panas tubuh.

Nyamuk yang menggit hanyalah nyamuk betina

Jagan salahkan semua nyamuk karena nyamuk ysng mengigit hanyalah nyamuk betina.nyamuk jantan tidak butuh darah manusia karena sudah mendapat nutrisi yang dibutuhkan dari nektar dengan memakan saripati tanaman, seperti kebanyakan yang lebah amdu lakukan. Sementara nyamuk betina membutuhkan darah yang mengandung protein yang membantu pengembangan telur-telur nyamuk yang berjumlah ratusan. Akan tetapi,darah bukanlah kebutuhan pokok nyamuk betina,karena darah yang berfungsi untuk mendapatkan makanan nyamuk betina juga melakukan hal yang sama dengan nyamuk jantan.

Nyamuk menyukai bir

Jangan langsung diartikan nyamuk  minum bir, melainkan nyamuk menyukai orang yang meminum bir tersebut. Ada perubahan senyawa kimia tertentu di dalam tubuh yang meminum bir sehingga dapat menarik perhatian nyamuk, maka dari itu nyamuk sangat menyukai orang yang mabuk sehabis minum bir.

Nyamuk menyukai kaki yang bau

Para peneliti menujukkan, kaki yang mengeluarkan bau lebih menarik perhatian nyamuk. Biasanya kaki bau disebabkan karena jarang menggunakan kaos kaki ketika memakai sepatu. Dan pernahkah anda coba perhatikan, nyamuk biasanya banyak terdapat atau berada di tempat penimpanan sepatu yang habis dipakai.

Itulah fakta-fakta unik tentang nyamuk yang perlu kita ketahui, selain menerapkan hidup bersih dan sehat, agar terhindar dari gigitan nyamuk yang bisa menimbulkan penyakit, kita harus memberantas sarang-sarang nyamuk, dan tempat perkemangbiakan nyamuk tersebut dengan membuang barang-barang bekas yang berkemungkinan menjadi tempat perkembangbiakan nyamu, serta memberikan bubuk abate pada bak mandi.

Author: 

tulis, tulis, dan tulis ......