Harta Karun Yang Tersimpan Dibawah Tambang Freeport

 Berita Hangat

freeport

Papua tidak hanya memiliki panorama alam yang eksotis, namun juga memiliki kekayaan tambang yang luar biasa. Papua sudah dikenal diseluruh dunia sebagai penghasil emas kualitas terbaik diseluruh dunia dan jumlahnya juga sangat banyak. Sayangnya pengelolaan tambang emas tersebut bukan dikelola oleh Indonesia melainkan Amerika. Padahal kalau kita bisa mengelola sendiri tambang emas tersebut hasilnya bisa untuk menggratiskan sekolah seluruh anak Indonesia dari SD sampai Perguruan Tinggi bahkan lebih dari itu, namun apayang terjadi saat ini? Papua sebagai pemilik lahan sendiri masih banyak yang masyarakatnya hidup dibawah garis kemiskinan. Hal demikian terjadi karena pembagian royalti hasil tambang yang sangat tidak seimbang yakni dengan persentasi 99% untuk Amerika dan 1% untuk Indonesia, Ironis memang melihat dampak yang ditimbulkan dari pertambangan tersebut merusak lingkungan di Papua.

Ketika cadangan emas di Papua sudah menipis, ternyata 400 meter dibawah tambang Freeport terdapat bahan tambang yang jauh lebih berharga dari pada emas, yaitu Uranium. Uranium adalah bahan baku pembuatan nuklir yang harganya 100 kali lipat dari harga emas. Uranium dapat digunakan sebagai bahan baku Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir dengan perbandingan 1kg uranium setara dengan 1.000 ton batu bara. Cadangan Uranium yang terdapat dipapua yakni sekitar 70.000 ton, dan itu bisa untuk menerangi seluruh Negara di dunia. Tak hanya di Papua,uranium juga terditeksi keberadaannya di Kalimantan Barat dan Bangka Belitung. Akhir-akhir ini PT Freeport diketahui secara diam-diam telah mengekspor uranium ke Amerika, padahal Indonesia sebelumnya sudah melarang Freeport untuk mengeksport uranium.

uranium

Jadi kita berharap mudah-mudahan Indonesia dapat mengelola sendiri tambang uranium tersebut dengan tanpa dicampuri pihak asing, jadi seluruh rakyat Indonesia dapat menikmati hasilnya terutama masyarakat Papua

Author: 

tulis, tulis, dan tulis ......