“Jani” Bocah Peretas Aplikasi Instagram

 Berita Hangat, Teknologi

hacker instagram

Kabar mengejutkan datang dari seorang anak yang berusia 10 tahun. Anak tersebut bernama Jani berasal dari Helsinki, Finlandia. Jani diketahui baru saja meretas aplikasi instagram dan menemukan celah di keamanan instagram tersebut. Celah keamanan yang ditemukan anak tersebut membolehkan seseorang menghapus komentar dari pengguna lain. Jani mendapat hadiah sebesar USD 10 ribu atau sekitar Rp 132 juta. Celah tersebut ditemukan Jani pada bulan Februari lalu, yang kemudian lagsung ia beritahukan ke Facebook melalui email.

Menurut Facebook (pemilik instagram) celah ini langsung mereka perbaiki setelah pemberitahuan Jani. Setelah itu enginer keamanan Facebook membuatkan akun khusus bagi Jani untuk pembuktian dari teorinya tersebut. Hadiah dari Facebook langsung diberikan kepada Jani, Ia pun menjadi orang yang paling muda yang pernah menerima bayaran dari Facebook untuk celah keamanan yang ditemukannya, dilansi BBC, Rabu (4/5/2016).

Facebook sendiri mengaku sejak tahun 2011 lalu total yang sudah Facebook bagikan sebanyak USD 4,3 juta bagi para penemu celah keamanan . Saat diwawancara, Jani menyebutkan hadiah uang dari Facebook tersebut akan Jani gunakan untuk membeli sepeda baru, perlatan sepak bola, dan komputer untuk saudara laki-lakinya.

Banyak perusahaan lain yang menerapkan teknik seperi ini untuk menemukan celah keamanan di sistem keamanannya, karena dinilai cukup efektif.

Author: 

tulis, tulis, dan tulis ......