Langkah-Langkah Mengembangkan Bisnis Anda Agar Menguntungkan

 Berita Hangat

Bisnis

Setiap manusia masing-masing pasti sudah dibekali dengan bakat dan kemampuan oleh Tuhan. Ada yang mempunyai bakat seni, bakat mengajar dan lain-lain. Nah, bakat yang akan kita bahas ini adalah bakat dalam bidang berbisnis. Berbisnis sendiri juga bisa dalam berbagai bidang misalnya saja bisnis perdagangan, ada pula berbisnis jasa dan lain sebagainya. Namun yang lebih terlihat di masyarakat adalah bisnis berdagang. Biasanya dalam memulai bisnis orang akan menghadapi beberapa kendala salah satunya tentang modal. Bahkan orang yang sudah merencanakan untuk membuka usaha atau bisnis pun bisa gagal karena tidak adanya modal yang mencukupi. Sangat disayangkan jika kesuksesan yang hanya tinggal didapatkan hanya akan menjadi impian semata hanya karena masalah modal.

Seharusnya jika Anda sudah mempunyai impian dan rencana yang matang, modal bukanlah menjadi masalah. Anda harus mengubah pemikiran Anda dahulu. sekarang ini sudah banyak lembaga keuangan yang bisa mengatasi masalah Anda dengan meminjamkan dana segar untuk usaha Anda. Bisa menggunakan kredit yang khusus untuk modal usaha, bisa juga menggunakan produk kredit yang tanpa menyertakan aset atau jaminan. Memang Anda akan terbebani dengan tambahan atau bunga dari pinjaman tersebut, namuns etidaknya masalah modal sudah bisa Anda atasi. Tinggal bagaimana cara Anda untuk mengatur dan mengelola modal tersebut supaya bisa berjalan dan bisa membayar angsuran setiap bulannya. Jadi tidak perlu khawatir dan bingung jika kesulitan dalam mendapatkan modal untuk membuka atau mengembangkan usaha.

Kendala yang kedua adalah orang sering bingung tentang bisnis apa yang akan dijalankan. Banyak orang yang salah langkah dalam mencari bisnis yang  menguntungkan dan kesuksesan. Tidak jarang orang hanya melihat dari segi keuntungan yang besar dan juga yang menajdi trend saat itu akibatnya usaha yang dijalankan tidak berkembang bahkan bisa sampai gulung tikar.Menentukan jenis usaha yang akan dijalankan merupakan hal dasar dan penting karena akan mempengaruhi berlangsung atau tidaknya usaha tersebut. Dengan jenis usaha yang tepat dan Anda bisa jalankannya maka tidak sulit untuk mengembangkan bisnis Anda sehingga bisa menghasilkan keuntungan yang besar.

Pertama, lihatlah peluang di sekitar Anda. Hal pertama yang bisa Anda lakukan adalah mengamati di sekitar lingkungan Anda jenis usaha apakah yang lebih berpotensi untuk berkembang. Anda bisa melihat di sekitar lingkungan Anda yang bisa jadi menjadi peluang besar bagi Anda untuk sukses. Anda harus sadar bahwa di sekililing kita banyak sekali peluang yang bisa Anda ambil untuk usaha. Jangan hanya terpacu dengan apa yang sedang populer karena bisa jadi yang sekarang menjadi kegemaran masyarakat tidak bisa berjalan lama dan hanya pada waktu tertentu saja. Misalnya saja pada waktu musim batu akik. Hal tersebut memanglah sebuah peluang, namun jangka waktunya yang hanya sekejap akan membuat Anda bingung dan tidak bisa berkreasi karena biasanya hanya sebentar dan yang menggunakan bisnis tersebut adalah banyak orang.

Kedua, pilihlah usaha yang merupakan kebutuhan konsumsi semua orang. Tips kedua dalam memilih jenis usaha menguntungkan dan memiliki prospek baik adalah jenis usaha yang produknya menjadi kebutuhan semua orang. Jadi, peluang lakunya menjadi lebih besar daripada bisnis lainnya. Apa saja yang merupakan kebutuhan? Jika merupakn produk berupa barang maka bisa Anda memilih berdagang atau menjual baju dan makanan jelas sekali bahwa pakaian dan makanan merupakan hal yang wajib dipenuhi atau menjadi kebutuhan semua orang. Anda bisa membuka usaha yang berkaitan dengan kebutuhan jadi barang Anda tersebut banyak dicari oleh banyak orang.

Ketiga, tidak salah jika mencoba usaha yang pernah ada. Hal ketiga yang bisa Anda jadikan tips dalam mencari jenis usaha apa yang cock untuk dijalankan adalah dengan menjalankan bisnis yang sama dengan bisnis Anda sebelumnya. Tips ketiga ini khusus bagi mereka yang pernah menjalankan suatu usaha atau bisnis. Jika dulu Anda pernah menjalankan usaha atau bisnis namun tidak berhasil maka Anda bisa memulainya kembali. Mungkin saja yang menyebabkan kegagalan dari usaha Anda tersebut adalah pengelolaan atau menajemen Anda bukan karena pemilihan jenis usaha yang salah. Dengan menggunakan jenis usaha yang pernah Anda jalani maka setidaknya Anda sudah pernah melakukannya dan juga ada gambaran mengenai bisnis tersebut. Anda juga bisa menjadikan kegagalan dan faktor penyebabnya menjadi suatu pembelajaran untuk dapat memulainnya lagi dari awal tentu dengan lebih baik . jika memang tips ketiga ini menjadi pilihan yang tepat, maka sebaiknya Anda lakukan review terhadap usaha Anda sebelumnya. Catatlah apa yang menajdi kendala dan kekurangan yang menyebabkan bisnis Anda gagal. Jika sudah maka perbaikilah dan jadikan motivasi bagi Ada untuk menjadikan bisnis yang akan Anda jalani bisa berjalan sukses. Tidak harus dengan jenis usaha yang sama persis. Bisa Anda gunakan bisnis yang sedarah, maksudnya adalah bisnis yang masih ada kaitannya atau jenisnya sama. Misalnya dalam bidang makanan brownies, Anda bisa mencoba bisnis martabak manis misalnya. Kedua usaha tersebut memanglah berbeda namun masih ada kaitannya sehingga gambarannya kira- kira sama dengan yang pertama.

Jika sudah menntukan jenis usaha apa yang akan Anda jalankan, kini tinggal strategi Anda dalam mengembangkan usaha tersebut setidaknya awalnya bisa bertahan dahulu kemudian baru dikembangkan. Jika sudah dirasa usaha tersebut bertahan di pasaran maka boleh Anda mengembangkannya. Misalnya saja dengan berkereatif membuat inovasi dari produk atau barang yang sudah ada. Jadi, pelanggan juga tidak bosen dengan menu yang sama. Berikan kesan yang unik sehingga orang akan lebih penasaran dan tertarik untuk membeli produk yang Anda jual. Jika memang tidak berkreasi dengan produk yang Anda punya, setidaknya Anda bisa berkreasi terhadap kemasan dari produk tersebut. Anda harus pintar-pintar dalam mencari celah agar produk Anda tetap bertahan dan menjadi pilihan favorit.

Selain kreatif, Anda juga harus mempunyai sifat pantang menyerah. Karena membuka usaha atau bisnis bukanlah hal yang mudah. Pasti ada kendala dan hambatan yang akan terjadi yang bisa jadi menghambat perkembangan usaha atau bisnis yang sedang Anda jalankan. Maka, siffat pantang menyerah sangat diperlukan bagi pengusaha yang ingin meraih kesuksesan. Jangan hanya puas dengan apa yang sudah Anda raih, teruslah berusaha dan juga tekun dalam menjalankan usaha. Pelajari masalah yang kemungkinan bisa terjadi, sehingga jika hal itu terjadi, Anda sudah siap dengan tindakan yang seharusnya Anda ambil. Masalah bisa terpecahkan, dan usaha Anda terus berjalan.

Membuka usaha sendiri memanglah sangatlah membawa keuntungan. Asalkan Anda bisa mengelolanya, jenis usaha apapun pasti akan berjalan dengan lancar dan sukses. Tak perlu memikirkan modal karena sudah banyak solusi untuk menyelesaikan masaah itu. Semoga bermanfaat.

Author: 

tulis, tulis, dan tulis ......