Menfatur Pola Makan Untuk Mencegah Penyakit Diabetes Sejak Dini

 Kesehatan

diabetes

Diabetes adalah suatu penyakit dimana tubuh tidak dapat menghasilkan insulin (hormon pengatur gula darah) atau insulin yang dihasilkan tidak mencukupi atau insulin tidak bekerja dengan baik. Oleh karena itu akan menyebabkan gula darah meningkat saat diperiksa.

Penderita diabetes perlu hati-hati saat akan mengkonsumsi ataumenyantapmakanan. Bagi yang mengidap diabetes biasanya akan diberi terapi melalui polamakan teratur atau disebut terapi nutrisi medis. Peningkatan kadar gula darah pada pengidap diabetes dapat berisiko terhadap kesehtatan seperti kelelahan, pusing, kerusakan saraf, penyakit jantung, hingga mengalami kebutaan bahkan kesadaran menurun.

Makanan untuk penderita diabetes

  1. Makanan yang terbuat dari biji-bijian utuh atau karbohidrat kompleks seperti nasimerah, kentang panggang, oatmeal, roti dan sereal dari biji-bijian utuh.
  2. Daging tanpalemak yang dikukus, direbus, dipanggang dan dibakar.
  3. Sayur-sayuran yang diproses dengan cara direbus, dikukus, dipanggang atau dikonsumsi mentah. Sayuran yang baik dikonsumsi untuk penderita diabetes diantaranya brokoli dan bayam.
  4. Buah-buahan segar. Jika anda ingin menjadikannya jus, sebaiknya jangan ditambah dengan gula.
  5. Kacang-kacangan, termasuk kacang kedelai dalam bentuk tahu yang dikukus, dimasak untuk sup dan ditumis.
  6. Popcorn tawar.
  7. Produk olahan susu rendah lemak dan telur.
  8. Ikan seperti tuna, salmon, sarden dan makarel. Namun, hindari ikan dengan kadar merkuri tinggi seperti ikan tongkol.

Makan yang perlu dihindari

Selain nasi putih, ada beberapa jenis makanan lain yang harus dihindari jika kadar gula darah ingin tetap terjaga yakni :

  1. Roti tawar putih.
  2. Makanan yang terbuat dari tepung terigu.
  3. Sayuran yang dimasak dengan tambahan garam, keju, mentega, dan saus dalam jumlah banyak.
  4. Buah-buahan kaleng yang mengandung banyak gula.
  5. Sayuran kaleng yang mengandung garam tinggi.
  6. Daging berlemak.
  7. Prudok susutinggi lemak.
  8. Hati, ampela, dan organ dalamhewan lainnya.
  9. Makananyang digoreng seperti ayam goreng,ikan goreng, pisang goreng dan kentang goreng.
  10. Popcorn kaya rasa.
  11. Kulit ayam.

Dianjurkan mengkonsumsi makanan buatan sendiri. Dengan begitu kamu bisa memantau bahan baku dan tambahan apa saja yang akan masuk ke tubuh. Disarankan untuk tes gula darah, konmsultasikan ke dokter, tes gula darah jenis apa yang cocok dengan kondisi kamubeserta takaran makanan yang pas bagi tubuh kamu.

Diabetes mellitus atau ekncing manistidak bisa disembuhkan. Prof Sidartawan Soegondo, Guru besar Ilmu Penyakit Dalam, Fakultas Kedokteran UI, mengatakan rugi jika pasien baru ke dokter sertelah muncul gejala. Biaya yang dikelurkan akan semakin besar dan pasien sudah dipastikan harus menggunakan obat.

Karena itu harus dideteksi dini. Kenali faktor risiko, misalnya punya riwayat keluarga diabetes, obesitas, atau sudah berusia diatas 45 tahun. Harus menyegerakan periksa. Diabetes mellitus saat ini merupakan salah satu masalah kesehatan global. Organisasi Kesehatan Dunia ( WHO ) memperkirakan 1,5 juta kematian di dunia disebabkan oleh diabetes. Padahal 80 persen kejadian diabetes bisa dicegah. Oleh karena itu, WHO mengusung tema “ Beat Diabetes “ dalam peringatan hari Kesehatan Sedunia yang jatuh  pada tanggal 7 April lalu.

Pencegahan dilakukan sejaksaat ini. Pertama dengan mencari informasi soal diabetes, faktorrisikonya dan juga bahayakomplikasinya. Setelah itu baru mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat, “tutur dr Dewi friska, MKK darikedokteran Komunitas, fakultas kedokteran UI.

Pencegahan bisa dilakukan orang tua sejak sekarang. Caranya dengan tidak menumpuk karbohidrat dan lemak pada anak agar terkesan lucu dan sehat. Kalo melihat anak gemuk memang lucu, kesannya sehat gituya.  Padahal itu risiko masalah kesehatannya tinggi.

Sementara untuk remaja, pencegahan bisa dilakukan dengan memperbanyak aktivitas fisik dan mengurangi konsumsi jajanan manis. Aktivitas fisik diluar rumah dengan berorganisasi karang taruna misalnya, lebih baik daripada hanya diam di rumah bermain gadget.

Terakhir untuk orang dewasa, pengaturan pola makan dan olahraga rutin menjadi penting. Tren saat ini diabetes suddah menyerang meski pasien belum berusia diatas 40 tahun.

Perbanyak makan sayur dan buah. Jagan lupanolah raga. Meski masih muda tapi faktor risiko ya tetap harus hati-hati karena bisa saja diabetes menyerang sebelum berusia 40 tahun.

Author: 

tulis, tulis, dan tulis ......