Mengenal Jenis dan Fungsi Lensa

 Fotografi, Teknologi

Lensa merupakan komponen utama dari sebuah kamera yang bekerja layaknya mata bagi manusia. Lensa memiliki berbagai macam jenis, dan setiap jenisnya berbeda fungsi dan peruntukannya. Biasanya lensa yang bisa diganti-ganti itu adalah jenis kamera DSLR yang banyak digunakan oleh fotografer-fotografer. Berikut akan kita ulas macam-macam jenis lensa dan fungsinya :

  1. Lensa Standard

lensa kit

Lensa ini biasanya satu paket dengan body kamera ketika kita membelinya dari took, meskipun ada juga yang menjual lensanya saja tanpa body, atau body saja tanpa lensa. Lensa ini ser   ing juga disebut lensa jalan-jalan. Lensa ini mempunyai rentang fokal antara 16-85mm. rentang fokal ini sangat fleksibel dan 80% dari fotobanda kemungkinan hasil jepretan dari lensa ini. Contoh lensa standard yaitu Canon 18-55mm (f/3.5-5.6 IS), Nikon 18-55mm (f/3.5-5.6 VR), Pentax 16-50mm (f/2.8) dan lain-lain.

  1. Lensa Fix (prime)

lensa fix

Lensa fix atau lensa prime adalah lensa yang hanya memiliki satu rentang fokal sehingga tidak bisa atau tidak menggunakan zoom. Lensa fix terkenal untuk jenis potret, kegiatan olahraga, dan lain-lain. Beberapa lensa fix yang sering dijumpai yaitu 50mm, 85mm, 135mm, dan 300mm.

  1. Lensa Wide Angle

wide angle

Lensa wide angle merupakan lensa yang popular bagi fotografi pemandangan atau arsitektur, karena lensa ini memiliki kelebihan/kemampuan menangkap bidang yang luas dengan perspektif yang dinamis. Contoh : Canon EF-S 10-22mm, Sigma 10-20mm, Tokina 12-24mm, dan sebagainya.

  1. Lensa Tele

lensa tele

Lensa tele ini dapat membuat objek yang jauh menjadi lebih dekat. Sangat popular dikalangan fotografer binatang liar, sport, jurnalistik, dan lain sebagainya. Lensa ini juga popular untuk potret, karena kemampuannya dalam mengkomresi latar belakang sehingga model lebih enak dipandang. Lensa ini sangat rawan getaran, oleh sebab itu disrankan menggunakan lensa tele yang memiliki stabilizer seperti Canon 55-250mm, Sony 70-200mm, Pentax 65-250mm, Sigma 50-500mm dan lain-lain.

  1. Lensa Super Zoom ( sapu jagat )

lensa sapu jagat

Lensa ini seperti gabungan dari lensa standard dengan lensa tele, rentang fokal lensa ini sangat lebar yaitu 18mm sampai 200mm, bahkan ada yang sampai 270mm. karena itu lensa ini sangat popular untuk jalan-jalan dan traveling, serta ideal untuk orang yang tidak ingin gonta ganti lensa. Kekurangan lensa ini yaitu kualitas optiknya tidak seprima lensa standard atau tele.

  1. Lensa Makro

lensa makro

Lensa makro adalah lensa yang ideal untuk mengambil foto close-up atau detail shot dari benda-benda yang berukuran kecil seperti serangga, bunga, perhiasan, dan lain sebagainya. Lensa makro dapat membesarkan objek yang akan difoto dan menangkapdetail dan warna dengan tajam. Rentang fokallensa makro biasanya 90-200mm.

Demikian pembahasan kali ini tentang jenis dan fungsi lensa, mudah-mudahan membantu anda untuk menentukan lensa mana yang cocok buat anda. Selamat mencoba.

Author: 

tulis, tulis, dan tulis ......