Mengenal Resolusi Dari Sebuah Gambar (PIXEL)

 Fotografi

pxResolusi gambar adalah tingkat detail yang bisa ditangani suatu piranti saat menampilkan suatu citra grafis atau gambar atau foto. Resolusi gambar sama dengan resolusi (ketajaman)sebuah lensa. Semakin tinggi suatu resolusi, maka semakin halus (tajam) rincian yang bisa dilihat. Tampilan grafis dengan ukuran besar dan memiliki kualitas yang baik, akan memerlukan resolusi yang tinggi. Hal ini menyebabkan pengolahan gambar beresolusi tinggi akan menuntut computer bekerja keras, karena semakin tinggi resolusi suatu gambar yang dihasilkan maka memerlukan mesin dengan kemampuan yang lebih baik lagi untuk menghasilkannya.

Kamera digital memiliki resolusi standar yang bisa digunakan, antara lain :

  1. 256 x 256 pixel

Resolusi inibanyak dijumpai pada edisi awal kamera digital. Namun kualitas gambarnya tidak memenuhi standar cetak. Total pixel pada resolusi ini adalah 65.000 pixel.

  1. 640 x 480 pixel

Resolusi ini adalah resolusi terendah untuk standar cetak kamera. Resolusi ini biasanya digunakan untuk tampilan standar web, baik digunakan untuk homepage atau digunakan untuk saling berkirim foto melalui email. Total pixel padaresolusi ini adalah 307.000 pixel.

  1. 1216 x 912 pixel

Resolusi ini adalah resolusi standar terendah dari megapixel. Resolusi ini cukup bagus untuk dicetak dalam format standar. Total pixel pada resolusi ini adalah 1.109.000 pixel.

  1. 1600 x 1200 pixel

Resolusi ini memiliki jumlah hampir 2.000.000 pixel, dengan resolusi tersebut bisa digunakan untuk mencetak foto ukuran 10R.

Resolusi kamera digital saat ini sudah melampaui 10.000.000 pixel. Pixel sendiri adalah unsure gambar, merupakan elemen terkecil dari sebuah gambar atau representasi sebuah titik terkecil dalam sebuah gambar grafis yang dihitung per inci. Sedangkan megapixel terdiri dari gabungan dua kata yaitu mega yang berarti jutaan, dan pixel adalah titik elemen suatu gambar, jadi megapixel artinya jutaan titik elemen gambar.

Suatu gambar digital dibentuk oleh ribuan titik elemen gambar tersebut. Makin tinggi jumlahnya, maka makin tinggi pula resolusi gambarnya. Angka atau jumlah megapixel ini biasanya digunakan untuk menunjukkan kualitas gambar digital.atau pada kamera digital angka megapixel ini menentukan kualitas foto yang akan dihasilkan oleh kamera digital tersebut.

Author: 

tulis, tulis, dan tulis ......