“Mitos Berkeliaran Disore Hari”

 Berita Hangat, Religi

MitosWaktu kecil sering sekali orangtua kita mengingatkan agar cepat masuk rumah ketika menjelang sholat magrib atau senja hari. Alasan yang sering dilontarkan mereka yaitu, pada waktu senja hari banyak setan-setan dan jin yang berkeliaran diluar. Namun selepas magrib anak-anak di ijinkan kembali untuk bermain diluar rumah.

ternyata mitos itu bukan saja kebiasaan turun temurun yang dilakukan orang tua terhadap anaknya, melainkan ada penjelasan ilmiah dan hadist Nabi yang menjelaskannya. Nabi Muhammad SAW bersabda “jangan kalian membiarkan anak anak kalian di saat matahari terbenam sampai menghilang kegelapan malam sebab setan berpencar jika matahari terbenam sampai menghilang kegelapan malam,”  (Dari Jabir dalam kitab Sahih Muslim).

Selain itu sebuah buku ilmiah yang dikarang oleh Prof. DR. Ir. H. Osly Rahman, MS yang berjudul “The Science Of Shalat” pada buku itu dijelaskan bahwa pada senja hari alam akan berubah menjadi spektrum cahaya berwarna merah, cahaya tersebut merupakan gelombang elektromagnetis yang memiliki spektrum warna yang berbeda-beda.

Pada saat waktu magrib tiba, terjadi perubahan spectrum warna alam, dan hal tersebut selaras dengan frekuensi setan dan jin yang memiliki warna merah. Dalam islam dijelaskan pada senja hari menjelang waktu magrib tiba, setan dan jin akan berkeliaran mencari tempat tinggal, dan jumlahnya sangat banyak serta memiliki kecepatan melebihi kecepatan manusia. Mereka mencari tempat perlindungan pada rumah kosong atau tempat-tempat yang kosong hingga berlindung pada orang yang sedang duduk-duduk diluar.

Jadi bila waktu magrib tiba sebaiknya kita berada didalam rumah, dan jika anak-anak kita masih bermain-main pada senja hari baiknya kita suruh mereka masuk kerumah dan siap-siap menjalankan ibadah sholat magrib.

Author: 

tulis, tulis, dan tulis ......