Pengaruh Waktu tidur bayi Untuk Perkembangannya

 Kesehatan

Jhonsons Bedtime Baby

Setelah bayi dilahirkan, tentunya bayi gampang sekali tertidur, tidak tergantung baik itu siang ataupun malam, kapanpun bayi bisa tertidur. Saat bayi baru lahir  waktu tidurnya pun sering, kalaupun bayi terbangun hanya untuk menyusu setelah itu tidur lagi atau bayi saat itu kencing atau pup kemudian setelah dibersihkan bayi akan tidur lagi begitulah aktivitas bayi pada saat baru lahir.

Lamanya waktu tidur bayi yang baru lahir  kadang bisa tergantung dari berapa banyak bayi menyusu, bayi yang baru lahir hanya sedikit saja minum dikarenakan ukuran lambung bayi masih kecil, oleh sebab itu bayi sering sekali terbangun karena merasa lapar dan butuh asupan gizi yang bayi perlukan.

Waktu tidur bayi yang baru lahir, biasanya rata-rata 17 jam dalam sehari  yang terbagi pada waktu siang dan malam hari, tetapi sebaiknya bayi dibangunkan setiap dua jam sekali. Ibu dianjurkan memberi ASI pada waktu dua jam sekali karena bayi perlu banyak asupan gizi untuk pertumbuhannya. Waktu tidur bayi ataupun pemberian Asi sebaiknya tidak dibatasi, apabila bayi terbangun walaupun kurang dari dua jam yang dianjurkan tersebut tidaklah masalah semakin banyak asupan gizi yang bayi dapat, bayi akan cepat tumbuh dan sehat. Oleh sebab itu seorang ibu haruslah menjaga asupan gizi dan stmina yang cukup.

Waktu tidur bayi akan berubah seiring pertumbuhan atau usia si bayi, masa pertumbuhan bayi dari baru lahir sampai dengan tiga bulan , membutuhkan waktu tidur banyak atau sering hingga 16 jam. Pada saat bayi berumur sekitar satu tahun waktu tidur akan berkurang dengan sendirinya sekitar 13 jam per hari,dikeranakan bayi sudah mulai beraktivitas.

Waktu tidur bayi sangatlah penting dan harus berkualitas, karena pada saat bayi tidur tersebut mendukung sistem kekebalan tubuh bayi dan perkembangan otaknya. Disaat tidurlah hormon pertumbuhan terbentuk dan berkembang, jika bayi yang tidur tidak nyenyak maka bayi akan lebih rentan terhadap penyakit misalnya infeksi, iritasi dan kurang merespon pada saat bangun tidur.Mengatur  waktu tidur bayi harus diterapkan sesua usia si bayi, ini akan membantu bayi untuk tidur nyenyak pada malam hari.

Selain itu faktor penyebab seringnya bayi terbangun dalam tidurnya adalah dikarenakan adanya ketidaknyamanan pada kulit bayi. Hal ini disebabkan karena ada beberapa faktor, seperti biang keringat dan iritasi pada kulit, yaitu pada daerah lipatan-lipatan seperti selangkangan, lipatan kaki, serta leher. Maka dari itu sang ibu harus pintar memilih produk untuk kulit bayi seperti bedak. Sebaiknya gunakan bedak yang mampu memberikan rasa nyaman, segar, dan tentunya menjaga agar kulit bayi tetap kering, sehingga membuat waktu tidur bayi menjadi tidak terganggu.

JOHNSON’S® bedtime baby hadir untuk memberikan solusi bagi bayi yang waktu tidurnya sering terganggu karena ketidaknyamanan pada kulit bayi. Memiliki kandungan NATURAL CALM, JOHNSON’S® bedtime baby mampu membuat tidur bayi lebih nyenyak, karena sudah terbukti klinis mampu membuat kulit bayi terasa lembut dan tetap kering selama tidur.

Kualitas waktu tidur bayi akan mempengaruhi perkembangan dan pertumbuhan pada bayi, jika hormon dan perkembangan sel pertumbuhan dan perkembangan bayi terganggu maka bayi akan mengalami penurun sistem imun dan penurunan sel darah putih. Sehingga dapat menghambat tumbuh kembang bayi. Maka dari itu penting bagi ibu untuk tetap memperhatikan dan menjaga waktu tidur bayinya setiap saat.

Author: 

tulis, tulis, dan tulis ......