Perbedaan Digital Fotografi dan Fotografi Film

 Fotografi

kamera digital

kamera digital

Digital Fotografi sebagai sebagai pengembangan dari fotografi film. Digital fotografi adalah proses fotografi yang menggunakan media digital sebagai alat perekamnya. Berbeda dengan fotografi film yang menggunakan film sebagai media penerima atau perekam gambar. Digital fotografi menggunakan sensor elektronik untuk merekam gambar, dan selanjutnya diolah untuk disimpan dalam data biner. Hal ini lebih memudahkan penggunanya untuk melihat hasil dari jepretan sebelum dicetak menjadi gambar, sehingga memungkinkan mengurangi kesalahan dari sejak awal sehingga kita dapat menghapus dan mengambil ulang foto. Hal tersebut yang tidak dimiliki oleh fotografi film, sehingga pada jaman sekarang fotografi film sudah mulai memudar eksistensinya, dan hanya ada beberapa orang saja yang masih mempertahannkan fotografi film dengan alasan hasil dari fotografi film lebih berkualitas daripada digital fotografi.

kamera film

kamera film

Sebenarnya tidak ada yang lebih baik antara kamera digital dan kamera film, karena keduanya sama-sama memiliki kekurangan. Pada awalnya karakteristik keduanya berbeda, beberapa fotografer memilih untuk menggunakan kamera digital karena lebih praktis dan mudah digunakan. Sementara beberapa fotografer yang lain lebih memilih tetap bertahan pada kamera film atas pertimbangan kualitas.

Namun batas ini semakin menjauh seiring perbaikan kualitas yang dikembangkan oleh digital kamera seperti penambahan fitur perekam video yang membuat digital kamera lebih dipilih oleh kebanyakan orang. Bukan hanya disitu saja, kini digital kamera sangat mudah didapati, selain harga yang relative terjangkau, juga memiliki berbagai macam jenis atau pilihan seperti kamera Pocket, DSLR, Mirolles, ada juga yang di inplementasikan pada berbagai perangkat seperti telpon seluler.

Author: 

tulis, tulis, dan tulis ......