Perkembangan Janin di Trimester Utama

 Kesehatan

janin-di-trimester-pertama

Janin di trimester utama masih melewati masa-masa krusial. Trimester pertama (0-3 bulan) adalah masa dimana tubuh ibu mengalami masa perubahan. Ibu akan merasa mual, muntah, morning sickness, dan lain sebagainya. Hal ini merupakan tanda-tanda keberadaan janin mulai muncul. Dalam fase ini, akan muncul kantung yang berisikan air ketuban dan terbentuk di sekitar embrio. Air ketuban ini berfungsi sebagai pelindung janin selama kehamilan. Ibu akan mulai mengalami pembentukan plasenta yang berbentuk bulat, rata dan berfungsi sebagai penyalur nutrisi dari ibu ke bayi serta mengeluarkan kotoran bayi. Karena itu masa kehamilan pada trimester pertama harus sangat dijaga. Karena banyak proses pembentukan janin pada masa awal ini.

Proses Pembentukan Janin di Trimester Pertama

Pada masa trimester pertama juga, wajah bayi akan mulai terbentuk. Dimulai dari lingkar hitam temapt mata, mulut, rahang bawah, dan tenggorokan. Kemudian sel-sel darah janin mulai membentuk dan sirkulasi darah pun dimulai. Setelah lewat bulan pertama, janin di trimester utama akan melewati ukuran panjang 6-7 mm atau seukuran sebutir beras. Memasuki bulan kedua kehamilan, wajah bayi akan terus menerus mengalami perkembangan. Telinga akan mulai muncul di kedua sisi kepala seukuran selembar kulit. Lalu mulai tumbuh bakal lengan dan kaki serta jari-jari. Mata bayi juga akan mulai terbentuk.

Setelah mengalami pembentukan tubuh, janin di trimester pertama juga akan mengalami pembentukan jaringan-jaringan saraf pada tubuh yang meliputi otak, saraf tulang belakang, dan jaringan saraf lainnya. Begitu juga dengan saluran pencernaan dan organ-organ sensor mulai terbentuk pada bayi. Selain itu, tulang padat akan mulai menggantikan tulang rawan dan embrio mulai mengalami pergerakan meski masih belum bisa dirasakan oleh ibu. Pada bulan kedua, embrio sudah mulai menjadi fetus dengan panjang sekitar 2.54 cm dan bobot sekitar 1/3 ons. Sepertiga dari tubuh bayi pada masa ini adalah kepala dan sudah memasuki minggu keenam kehamilan. Pada bulan ketiga kehamilan, bayi sudah terbentuk secara sempurna dan utuh dengan lengkap. Mulai dari lengan, jari-jari, kaki, dan lain sebagainya. Bayi juga bisa mengatup dan membuka genggaman tangan dan mulutnya. Begitu juga dengan pembentukan kuku-kuku serta gigi. Inilah mengapa trimester pertama merupakan fase yang krusial. Begitu banyak proses pertumbuhan janin yang perlu dijaga. Ibu harus menjaga dan merawat janin di trimester utama dengan baik agar anak bisa tumbuh dengan sempurna.

Author: 

tulis, tulis, dan tulis ......