Prinsip Mewujudkan Keluarga Sakinah

 Berita Hangat

prinsip keluarga sakinah

Sebenarnya yang dimaksud dengan keluarga sakinah itu bagaimana? Apakah keluarga itu selalu rukun, damai, dan berkecukupan? Yang dinamakan dengan keluarga sakinah bukan berarti keluarga tersebut tidak pernah tertimpa masalah. semua yang namanya keluarga pasti pernah memiliki masalah seperti adanya perbedaan prinsip atau karakter, masalah ekonomi, hingga adanya rasa cemburu terhadap pasangannya.

Pada saat kita sudah di jenjang pernikahan, tentu nantinya menginginkan keluarga yang sakinah, mawaddah dan wa rahmah yang merupakan dambaan semua pasangan yang sudah berkeluarga. Kata sakinah terkandung arti didalamnya yaitu tenang, terhormat, aman, merasa melindungi, penuh kasih sayang, mantap dan memperoleh pembelaan. Jadi keluarga sakinah itu adalah keluarga yang semua anggotanya merasakan cinta kasih, keamanan, ketentraman, perlindungan, bahagia, keberkahan, terhormat, di hargai, dipercaya dan dirahmati.

Untuk mewujudkan keluarga yang sakinah mawaddah dan wa rahmah tentunya melalui berbagai proses diantaranya memilih pasangan yang shaleh atau shalehah, yang mengutamakan keimanan dan ketaqwaannnya serta dari keturunan kelurga yang terjaga kehormatannya. Pada saat menikah, niatkanlah untuk beribadah kepada Allah SWT utnuk menghindari hubungan yang dilarang oleh Allah SWT.

Setelah menikah dan menjadi seorang suami, hendaknya menjalankan kewajibannya seperti mencari nafkah,memberikan rasa keamanan, serta memberikan didikan islami pada anak dan istrinya. Seorang istri pun tentunya harus berusaha menjalankan kewajibannya seperti melayani suami, mendidik anak-anak tentang agama  dengan akhlak yang mulia, memelihara kehormatan keluarga, memelihara kekayaan suaminya dan membahagiakan suaminya.

Agar tercipta keluarga yang sakinah, maka suami dan isteri harus saling mengenali kekurangan dan kelebihan masing-masing, saling terbuka dengan merajut komunikasi yang intens. Dalam perjalanan sebuah keluarga tidak lah selalu mulus pasti ada saja kendala yang dihadapi, oleh sebab itu selalu mengadakan musyawarah bersama agar tidak terjadi perselisihan. Susah dan senang haruslah bersama, saling menjaga dan selalu memohon perlindungan kepada Allah dari keburukan nafsu dan amarah.

Menurut hadis nabi, pilar keluarga sakinah ada empat yaitu:

  1. Memilki kecendrungan kepada agama
  2. Yang muda menghormati yang tua dan yang tua menyayangi yang muda
  3. Sederhana dalam berbelanja
  4. Santun dalam bergaul serta selalu introspeksi diri.

Hubungan suami istri harus atas dasar saling membutuhkan, dan senantiasa menjalin komuniksai yang terbuka, serta yang terpenting adalah saling menghormati dan disiplin didalam keluarga. Sebuah rumah tangga tidak akan bisa mewujudkan keluarga sakinah jika tidak mampu bekerjasama dalam mewujudkannya.

Author: 

tulis, tulis, dan tulis ......