Tantangan Sekolah dan Guru di Era Tekhnologi Informasi dan Komunikasi

 Berita Hangat, Pendidikan

Di abad ke-21, kencangnya arus globalisasi semakin terasa menghantam berbagai aspek kehidupan di masyarakat. Hampir semua kegiatan yang dilakukan serba online, dan masyarakat takbisa lepas dari yang namanya gadget. Hampir semua orang memilikinya, dari anak kecil hingga orang dewasa. Semua bidang mengalami pergeseran dan tantangan, termasuk sekolah sebagai sebuah lembaga pendidikan. Sekolah menghadapi tantangan serius  untuk mampu mengikuti dan mengimbangi, serta berada dibarisan depan dalam menghadapi perubahan global tersebut.

melek it

Proses pendidikan disekolah pada era tekhnologi informasi dan komunikasi menjadi hal yang fundamental bagi kemajuan dunia pendidikan disekolah dewasa ini. Perkembangan tekhnologi informasi dan komunikasi telah memungkinkan adanya diskusi jarak jauh, seperti menjamurnya aplikasi media sosial dan mudah diakses dimana saja. Peran sekolah disini adalah mengajarkan pada siswa agar dapat memanfaatkan media sosial tersebut untuk hal yang positif.

Selain itu pemanfaatan komputer, internet, atau multimedia untuk pendidikan harus sudah dimulai sejak dari sekolah dasar. Sudah saatnya kini kita perkenalkan dunia tekhnologi informasi dan komunikasi dalam instansi pendidikan untuk mengikuti arus perkembangan tekhnologi global. Didalam lingkup sekolah, persiapan yang harus dilakukan terlebih dahulu yaitu para pendidik (guru), pendidik harus melek IT, paling tidak mampu untuk mengoprasikan laptop atau komputer beserta alat penunjangnya. Mengajar didalam kelas dengan menggunakan laptop atau komputer yang diproyeksikan melalui layar monitor akan membuat siswa lebih bergairah dalam mengikuti pelajaran, dan juga guru akan lebih mudah membuat atau menampilkan media pembelajaran, baik itu berupa gambar (visual) maupun video (audio visual). Guru tidak akan kehabisan bahan mengenai media pembelajaran, karena mudah didapat di internet.

Bagaimanapun majunya tekhnologi informasi dan komunikasi, kalau tidak mampu menggunakannya, maka akan terasa sia-sia dan akan semakin jauh tertinggal, karena tekhnologi informasi dan komunikasi semakin berkembang, dan kita harus mampu mengikuti arus perkembangan tersebut.

Author: 

tulis, tulis, dan tulis ......