Tips Menghilangkan Minyak Berlebih Pada Kulit Wajah

 Fashion

clean&clear

Kulit wajah berminyak dapat membuat rasa percaya diri seseorang menjadi tidak optimal, apalagi bagi seorang perempuan. Jika anda memiliki jenis kulit yang berminyak, maka anda perlu melakukan perawatan khusus untuk membantu mengatasi minyak berlebih pada kulit anda.

Masalah utama pada jenis kulit berminyak adalah produksi kelenjar minyak yang terlalu aktif atau berlebih pada permukaan kulit. Kadar minyak pada wajah sebenarnya bermanfaat bagi kulit jika memiliki jumlah yang normal atau stabil. Akan tetapi jika minyak yang dikeluarkan melelui pori-pori kulit melebihi jumlah normal maka akan menimbulkan masalah. wajah akan terlihat mengkilap dan sangat mengganggu penampilan.

Jika kulit wajah anda berminyak, maka dapat menimbulkan masalah lain pada kulit wajah, seperti jerawat, komedo, serta kulit menjadi kusam dan tidak terlihat sehat. Hal tersebut terjadi karena adanya debu dan kotoran yang sering menempel pada pori-pori kulit wajah dan menyumbatnya. Ada beberapa cara menghilangkan minyak berlebih pada wajah yang patut dicoba jika anda  menginginkan kulit bersih dan sehat, lakukan perawatan yang benar seperti berikut ini.

Pertama. Rutin membersihkan wajah paling banyak dua kali sehari, apalagi bagi anda yang memiliki aktivitas diluar rumah, pasti banyak partikel-partikel debu serta polusi yang menempel dan menyumbat pori-pori kulit wajah anda yang tentunya dapat menimbulkan jerawat serta komedo. Bersihkan area T (dahi, hidung dan dagu) lebih sering, karena area tersebut biasanya memiliki kadar minyak yang berlebih..

Kedua. Gunakan pembersih dan penyegar kulit wajah yang dibuat khusus untuk menghilangkan minyak berlebih pada kulit wajah, seperti Clean & Clear Foaming Facial Wash. Pembersih wajah yang memiliki busa yang lembut dan mengandung asam salisilat (salicylic acid) karena berguna untuk membersihkan minyak pada wajah serta mampu membersihkan jerawat dan komedo. Hindari penggunaan susu pembersih karena dapat memicu kulit anda semakin berminyak.

Ketiga. Gunakan kosmetik yang bebas dari minyak (free oil) atau yang berbahan dasar air guna menekan jumlah kadar minyak pada kulit wajah anda.

Keempat. Lakukan scrubbing secara rutin, yakni sekitar tiga kali dalam seminggu, hal ini terbukti dapat membuat kadar minyak pada kulit wajah menjadi stabil dan berkurang. Tapi jika saat kulit wajah anda berjerawat, scrubbing sebaiknya jangan dilakukan, hal ini untuk menghindari timbulnya iritasi pada kulit wajah anda.

Kelima. Selalu sedia kertas minyak atau face paper ketika pergi beraktivitas diluar, kertas minyak dapat menghilangkan kilap diwajah anda serta riasan makeup yang anda kenakanpun tidak akan mudah rusak. Cukup usapkan perlahan kertas minyak di permukaan kulit wajah anda, maka minyak yang menempel pada permukaan kulit wajah anda akan mampu dikurangi secara cepat dan praktis.

Keenam. Perbanyak menkonsumsi buah dan sayuran yang banyak mengandung cairan, seperti jeruk, apel, semangka, dan lain sebagainya, serta biasakan minum air putih minimal delapan gelas perhari. Hal ini dapat membantu untuk menstabilkan tingkat kelembaban kulit anda, sehingga anda terhindar dari yang namanya dehedrasi kulit, atau kulit kering.

Itulah beberapa cara menghilangkan minyak berlebih pada wajah yang patut anda coba, apalagi bagi anda yang memiliki kadar minyak berlebih pada kulit wajah tentunya memiliki rasa keinginan yang besar untuk dapat mengurangi, bahkan menghilangkan minyak pada kulit wajah yang seringkali mengganggu penampilan. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat bagi anda semua. Selamat mencoba.

Author: 

tulis, tulis, dan tulis ......