Tips Merawat dan Menjaga Kamera

 Fotografi, Pendidikan

 tips merawat kamera

Banyak orang-orang mempunyai kamera digital, tetapi masih banyak yang tahu bagaimana cara merawat dan membersihkan kamera maupun lensa kamera, hal ini sangat dianjurkan bagi fotografer pemula. Berikut saya akan memberikan beberapa tips dan langkah membersihkan kamera dengan benar. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

  1. Jauhkan Dari Kapur Barush

Benda perusak yang sangat ampuh bagi kamera adalah kapur barus. Benda tersebut dapat menyekat-nyekat kamera dan bagian-bagian kamera yang berbahan dasar karet. Selain itu juga, kapur barus dapat membuat flek pada lensa layaknya jamur karena efek dari uap kapur barus. Tempat penyimpanan kamera yang ideal yaitu tempat yang kedap udara, sejuk, dan kering. Kalau perlu tambahkan silica gel didalamnya untuk menyerap kelembaban.

  1. Jaga Dari Goncangan Yang Berlebihan

Biasanya kalau kita mempunyai kamera, kita mesti memiliki tas khusus untuk meletakan kamera agar mudah dibawa kemana-mana. Gunakanlah tas tersebut sesuai dengan peruntukannya, karena fungsi dari tas itu adalah untuk mengurangi guncangan ketika kita membawa kamera kemana-mana.

  1. Hindarkan Dari Air

Kamera atau lensa jelas-jelas sudah dikatakan waterproof atau wather sealed, jauhkan mereka dari yang namanya air dan basah walau sekecil apapun. Air dapat menimbulkan kelembaban didalam internal kamera dan membuat kamera tersebut menjadi rusak. Begitu juga dengan lensa, harus bener-benar terhindar dari air dan basah.

  1. Hindari Kontak Langsung Dengan Matahari

Bagian-bagian kamera yang terbuat dari plastik dan karet, serta komponen elektronik lainnya akan rusak jika terkena panas yang tinggi. Jagalah kamera agar supaya jangan sampai terjemur atau terkena sinar matahari secara langsung dan berlebihan.

  1. Bersihkan Kamera Dan Lensa

Anda bisa menggunakan lap kering yang bersih dan lembut tidak kasar untuk membersihkan bagian luar fisik kamera. Sedangkan untuk elemen-elemen yang kecil dibagian dalamnya, gunakanlah blower untuk membersihkannya. Kuas berbulu haluspun bisa kita gunakan untuk membersihkannya. Untuk membersihkan kaca lensa gunakan cairan khusus untuk lensa, jangan menggunakan sembarang cairan.

  1. Lepaskan Batrai Dan Memory Card

Tips yang terakhir yaitu lepaskan batrai dan memory card ketika kamera tidak dipakai dalam jangka waktu yang cukup lama. Hal ini bertujuan agar kualitas baterai kamera tetap prima, serta menghindari korsleting pada kamera.

Demikian sedikit tips untuk merawat kamera yang saya paparkan, anggaplah kamera sebagai istri kedua anda. Sayangi dia, rawat dia, dan perlakukan dia dengan sebaik-baiknya niscaya anda akan menjadi fotografer profesional heheee…

Author: 

tulis, tulis, dan tulis ......