Tips Merawat Wajah Agar Tetap Awet Muda

 Kesehatan

tips awet muda

Anda tidak bisa melakukan apapun untuk mengurangi pertambahan usia anda. Namun, para dokter dan ilmuwan terus-menerus menemukan tindakan-tindakan yang bisa anda lakukan untuk membalikkan waktu dengan memfokuskan diri pada usia biologis dan psikologis anda. Usia psikologis anda adalah pengalaman subjektif mengenai seberapa tuakah anda menurut diri anda sendiri. Tampil selalu awet muda adalah dambaan semua orang, seringkali keriput dikulit wajah menjadi momok menakutkan bagi semua orang, apalagi wanita. Namun semua itu adalah sebuah proses yang tak bisa kita hindari seiring berjalannya waktu. Tapi ada beberapa hal yang dapat anda lakukan untuk mengurangi keriput diwajah, berikut tipsnya :

  1. Lindungi Kulit Dari Sinar Matahari Langsung

Cara agar wajah awet muda dan kulit tetap kencang selanjutnya adalah dengan menjaga kulit wajah dari sinar matahari. Memang pada dasarnya sinar matahari diperlukan oleh kulit, namun jika berlebih akan membuat proses penuaan bergerak lebih cepat. Oleh sebab itu, gunakanlah lotion tabir surya jika ingin pergi ke luar atau bekerja di outdoor.

  1. Sering Berolahraga

seperti jogging mampu jika dilakukan dengan rutin dapat berdampak baik bagi kesehatan tubuh tak hanya membuat tubuh lebih bugar tetapi mampu membuat tubuh menjadi lebih awet muda dalam arti berbagai fungsi tubuh akan tetap baik hingga usia tua. hal ini dibuktikan dengan penelitian yang menunjukan bahwa para manula yang rutin berolahrga jogging mempunyai tubuh yang hampir sama baiknya dengan orang dewasa umur 20 tahunan. Jadi cobalah untuk rutin berolahraga.

  1. Rutin Mencuci Wajah Pada Malam Hari

Seharian Anda mungkin menggunakan make up atau wajah Anda terkena terpaan kotoran, minyak dan lain sebagainya. Untuk itu, perlu untuk Anda membersihkan bagian kulit di wajah secara rutin sebelum hendak tidur.

Anda dapat menggunakan make up remover untuk menghapus bekas make up. Dengan cara ini, pori-pori wajah tidak akan tersumbat dan  jerawat dapat dicegah, sehingga kulit wajah akan lebih awet muda. Selain itu, membersihkan bekas make up juga dapat menghindari wajah dari timbulnya bakteri dan jamur.

Selain make up remover, Anda juga harus memilih sabun muka yang benar. Hal ini sangat berpengaruh pada keadaan wajah Anda kedepannya. Cobalah untuk membeli jenis sabun yang khusus digunakan untuk kulit wajah Anda.

  1. Gunakan Scrub

Untuk kulit yang kering dan bersisik, biasanya kulit akan lebih cepat menua. Oleh sebab itu, untuk membuat wajah Anda tampak tetap awet muda, Anda perlu melakukan eksfoliasi atau mengelupas kulit-kulit kering yang telah mati. Untuk bahan exfoliant-nya sendiri dapat Anda beli di toko-toko kecantikan atau membuat scrub menggunakan campuran gula dan madu. Lanjutkan pembersihan menggunakan scrub tersebut dengan membilasnya menggunakan air hangat.

  1. Perbanyak Minum Air Putih

Kurang minum dapat menyebabkan dehidrasi, kulit kering dan masalah-masalah kulit lainnya, termasuk meningkatkan risiko penuaan dini. Oleh sebab itu, konsistenlah mengkonsumsi air putih setiap hari dengan takaran yang cukup, yaitu sekitar 6 hingga 12 gelas. Mengkonsumsi air putih juga diteliti bermanfaat untuk mengeluarkan racun dari tubuh.

Author: 

tulis, tulis, dan tulis ......